Selasa, 19 Juni 2018
HEADLINE
Kamis 14 Juni 2018, 13:52 WIB | detik-news.com

Siapkan Rekayasa Lalin di Dua Titik Selama Lebaran, Lokasinya Disini

RAWAN MACET: Jalan di sekitar simpang empat Taman Dayu dalam kondisi lengang, Rabu (23/6). Lokasi ini perlu diantisipasi saat Lebaran karena bisa macet. (Rizal F. Syatori/Radar Bromo)

PANDAAN - Satlantas Polres Pasuruan menyiapkan rekayasa lalu lintas untuk antisipasi kemacetan selama Lebaran. Rekayasa lalin itu bakal dilakukan di dua titik. Yakni, di simpang tiga Purwosari dan simpang empat Taman Dayu, Pandaan.

Kanit Turjawali Satlantas Polres Pasuruan Ipda Gede Sukana menjelaskan, rekayasa lalin itu hanya dilakukan bila jalur reguler mengalami kemacetan. Sementara sampai Rabu (13/6), arus lalu lintas di kawasan setempat terbilang landai.

Meski ada peningkatan volume kendaraan, namun kondisi jalur Surabaya-Malang dan Malang-Pasuruan disebutkan masih terpantau padat-lancar.

“Sejauh ini, kemacetan di lapangan untuk jalur nasional Surabaya – Malang dan sebaliknya memang belum ada. Meski begitu, kami tetap stand by dan sudah menyiapkan rekayasa lalinnya jika kemudian macet,” ungkap Gede Sukana.

Titik pertama yang disiapkan adalah simpang tiga Purwosari. Bila terjadi crowded, bakal dilakukan buka-tutup jalur dari arah Malang menuju Pasuruan. Selanjutnya, dari arah Pasuruan menuju Surabaya, tetap jalan terus menuju arah selatan. Baru putar balik di u-turn di depan PT Indolakto.

Untuk titik di Purwosari, rencananya pengaturan manualnya dengan menempatkan petugas di lapangan. Termasuk melakukan flashing traffic light setempat.

Sementara di simpang empat Taman Dayu Pandaan, rekayasa lalin akan dilakukan untuk kendaraan dari arah Bypass Pandaan dan arah jantung kota Pandaan (RA Kartini) yang hendak ke Malang, akan dilewatkan arah tol Pandaan. Lalu putar balik arah Malang.

Untuk kendaraan dari arah Malang menuju pusat Pandaan, Prigen, dan Gempol, dilewatkan Bypass Pandaan atau belok kiri di simpang empat Taman Dayu. Sementara, dari arah Malang ke Surabaya yang mau masuk tol, bisa langsung belok kanan via gerbang tol Pandaan.

“Skema pengaturannya seperti ini, tentunya bergantung situasi dan kondisi terkininya di lapangan. Sifatnya tentatif, prediksi kami di dua titik tersebut untuk rawan macetnya di atas H+1 Lebaran ke atas,” jelasnya.

Terkait personel, baik di Taman Dayu maupun Purwosari. Pengaturan dilakukan oleh petugas gabungan dari Satlantas dan Sabhara Polres Pasuruan beserta polsek jajaran. Masing-masing terisi 10-15 personel yang stand by di lapangan.

Sumber

Tag:
Lalu Lintas
Pasuruan
Pandaan


Komentar

Silahkan login untuk dapat berkomentar

0 Komentar