Senin, 23 Juli 2018
HEADLINE
Jumat 13 Juli 2018, 09:26 WIB | detik-news.com

Bayi Kembar Siam asal Probolinggo Ini Usianya Terlama se-Indonesia

BERTAHAN: Asmaul-Husna bayi kembar siam dempet dada dan kepala saat mendapat perawatan bidan desa setempat. Bayi ini menjadi bayi dengan usia terlama se-Indonesia. (Istimewa)

TONGAS - Asmaul-Husna, kembar siam dengan kondisi conjoined twin dicephalic parapagus (dempet perut dan dada, dengan memiliki sepasang kaki), kini menginjak usia 3 bulan. Di usianya ini, Asmaul-Husna pun menjadi bayi dengan usia terpanjang se-Indonesia yang ditangani tim Spesialis Bedah Anak RSU dr. Soetomo Surabaya.

Dr. Agus Hariyanto mengungkapkan hal itu, Rabu (11/7). Menurutnya, Asmaul-Husna adalah bayi dengan kondisi conjoined twin dicephalic parapagus yang usianya paling lama. “Bayi ini adalah bayi yang berumur terpanjang se-Indonesia yang pernah saya tangani,” terangnya.

Sebelumnya, pernah ada bayi dengan kelainan yang sama dari Mataram. Namun, hanya berumur 2,5 bulan. Bayi tersebut meninggal akibat tersedak.

Dr. Agus pun mengaku salut dengan tim di RSUD Tongas, termasuk kekompakan pihak rumah sakit dan keluarga. Mengingat, kekompakan itu diperlukan untuk keberlangsungan hidup keduanya.

Menurut Dokter Agus, yang paling penting juga nutrisi serta peran orang tua. Sebab, banyak orang tua yang down melihat kondisi anak seperti itu.

“Anak adalah titipan Yang Maha Kuasa. Jadi, bagaimanapun kondisinya jangan sampai menyerah. Makanya peran orang tua sangat penting dalam hal ini,” tambahnya.

Dr. Agus pun menyarankan agar nutrisi bayi Asmaul–Husna terpenuhi dengan baik. Mulai asupan ASI sampai imunisasi. “Yang terpenting nutrisi dan imunisasi. Serta, jangan sampai tersedak,” terangnya.

Sementar itu, Plt Dirut RSUD Tongas M Asjroel menuturkan, bayi Asmaul–Husna dalam kondisi sehat. Tangisannya juga kuat. Hasil dari pemeriksaan yang dilakukan tim, menunjukkan tumbuh kembangnya baik. Bahkan, berat badanya bertambah. Yang mulanya 4,2 kg menjadi 5,3 kg.

“Bayi dalam kondisi sehat. Dan, bayi ini merupakan bayi kembar siam dempet perut dan dada dengan usia terlama se-Indonesia,” imbuhnya.

Bayi Asmaul–Husna ini dilahirkan 10 April 2018, pukul 15.15 melalui operasi Caesar di RSUD Tongas. Ia lahir dengan kondisi conjoined twin dicephalic parapagus atau dempet perut dan dada, serta hanya memiliki sepasang kaki. Bayi ini lantas menjalani perawatan intensif di ruang Neonatal Intensive Care Unit (NICU).

Sumber

Komentar

Silahkan login untuk dapat berkomentar

1 Komentar

Fadil

Ya Allah.